Cara Menentukan Blog Yang Akan Anda Buat

Posted by eko setiawan Sabtu, 18 Januari 2014 0 komentar

cara membuat blog

Bagaimana cara membuat blog dan menentukan blog terbaik yang akan anda buat? Ini adalah pertanyaan yang paling dasar dalam memulai untuk bisnis online untuk pemula, dimana anda harus sudah mulai bisa dan mahir tentang bagaimana secara tekhnis tentang cara membuat blog yang baik atau SEO Friendly (istilah keren yang berarti Search Engine Optimization atau gampang di optimasi oleh Search Engine seperti Google dsb) serta menentukan blog  bagaimana yang akan anda buat.

cara membuat blog
Baiklah, saya anggap anda sudah mulai menjalankan dan mempraktekkan tentang cara membuat blog, setahap demi setahap sesuai tutorial singkat di artikel saya sebelumnya. Dan perlu anda ketahui, bahwa cukup baik memiliki banyak referensi sebagai tambahan ilmu bagi anda. Namun, tetap saya ingatkan agar berhati-hati dan jangan bingung karena banyaknya referensi artikel. 

Berikut ini beberapa langkah yang bisa anda buat untuk membantu menjawab pertanyaan diatas tadi :

1.  Buatlah konten artikel yang Asli buatan anda

cara membuat blog dan artikelSeperti yang sudah sangat sering kita dengar bersama bahwa dalam menjalankan bisnis online dan termasuk bagian dari cara membuat blog yang baik, adalah istilah "content is the King" artinya konten adalah raja. Jadi alangkah baiknya, bila kita mau bercapek ria untuk rajin menulis konten atau artikel sendiri, tanpa ada rasa malas atau dengan alasan kehabisan ide. Sebab bila kita malas untuk menulis artikel, artinya kita sudah gagal dalam merealisasikan bisnis online dan bisa jadi memang bukan disini dunia kita. Maka bersemangatlah dalam menulis.

Penting pula untuk kita ketahui, lebih baik kita gunakan prinsip atau moto Bapak pendidikan kita yaitu Ki Hajar Dewantara, yang mengatakan dalam istilah Jawa : 3 N (Neteni, Nyontohin dan Nambahin = Artinya Perhatikanlah, Contohlah dan Tambahlah).

Jadi kesimpulannya, kita bisa melihat artikel orang lain, kita juga bisa meniru artikel orang lain, namun jangan lupa tambahkan sedikit saja pun jadi, hingga menjadi orisinil artikel milik kita. Keren bukan ... ?


2. Fokus pada Blog tertentu atau Campur Aduk

Nah, berkenaan dengan penentuan Topik suatu blog, juga harus dipertimbangkan dan tulis satu persatu dalam secarik kertas agar tidak bingung untuk kemudian malah tidak berbuat apa apa. Tentukan segera apakah dalam blog anda, hanya berkenaan satu Topik atau banyak Topik dan campur aduk dalam satu blog sekaligus.

Penentuan topik pada blog berkaitan dengan target pasar anda, yang berarti semakin banyak topik dalam satu blog maka akan semakin besar pula target market nya. Market atau pasar, dalam bisnis online dikenal dengan istilah niche atau ceruk pasar.

Perlu anda ketahui, blog dengan ceruk pasar atau target market yang sangat besar, juga mempunyai tingkat persaingan yang sangat tinggi. Maka, dengan demikian sangat dibutuhkan optimisasi SEO yang lumayan berat untuk bisa mendongkrak blog anda.

Mungkin lebih baik mendapat sedikit pengunjung saja yang masuk ke blog anda daripada tidak ada sama sekali. Banyak para blogger yang ingin berkompetisi di topik yang berat, tapi kemampuannya untuk melakukan optimasi hanya bisa tembus sampai laman 3 saja. Jadi yang semula  mau mendapat banyak pengunjung, justru malah berakhir pada traffic yang sangat sedikit.

Lantas bagaimana dengan blog campur aduk? Blog seperti itu pastilah membutuhkan optimisasi SEO yang berat. Biasanya Paman Google juga akan kesulitan menilai topik utama dari blog semacam ini, karena begitu banyak  kata kunci yang cukup beragam. Maka blog semacam ini harus memiliki super banyak artikel dan diberi label sesuai topik nya masing-masing

Kesimpulannya, blog seperti apa yang akan anda buat?

  • Blog asli buatan sendiri dengan target market mudah?
  • Blog asli buatan sendiri dengan target market sulit?
  • Blog asli buatan sendiri dengan target market campur aduk?
  • Blog copy paste dengan target market mudah?
  • Blog copy paste dengan target market sulit?
  • Blog copy paste dengan target market campur aduk?
Penting untuk diperhatikan bahwa TARGET MARKET YANG CAMPUR ADUK, dan KONTEN COPY PASTE akan membuat anda kesulitan dalam melakukan proses Optimasi SEO nanti (seperti mencari backlink dsb) . Jadi menurut saya, ada baiknya anda ambil jenis blog yang paling mudah dulu, asal orisinil hingga anda nanti bisa terus belajar sampai ke tingkat berikutnya dan dapat mulai menghasilkan dari bisnis modal kecil ini, tentunya.

3. penentuan kata kunci dan Label

Tentukanlah kata kunci yang tepat dan pilihlah kata kunci yang akan mendatangkan trafik kunjungan untuk anda. Baca cara memilih kata kunci pada artikel sebelumnya. Sebab ini sangat menentukan hasil akhir dan proses anda dalam rangka cara membuat blog yang benar.

Sedangkan apabila anda sedikit memaksakan diri juga untuk memilih blog yang campur aduk dengan beberapa alasan, misalnya : memungkinkan pengunjung yang lebih banyak dan besar karena akan kita penuhi kebutuhan informasinya. Saya sarankan untuk memberi Label pada setiap topik nya nanti, agar pembaca dan robot google tidak bingung.

4. Memberikan Nama URL Homepage yang tepat

Disarankan untuk anda agar jangan sampai salah dalam menentukan nama domain untuk blog anda, sebab pemberian nama domain ada kaitannya dengan kata kunci dari blog anda dan performa yang akan dilihat oleh robot google. Tidak masalah, jika anda tidak membuat nama domain sesuai kata kunci, sebab anda nanti bisa mengoptimasinya melalui cara yang lain. 

5. Pakai Domain Berbayar Atau Gratisan?

Ini juga sering menjadi pertanyaan penting buat kita, tentang apakah anda akan memakai domain berbayar atau gratisan untuk membuat blog anda. Masing-masing disesuaikan dengan kebutuhan dan kepentingan anda. Seperti halnya blog saya pribadi ini, saya masih memakai gratisan dengan blogspot, karena saya juga pemula dan ingin terus belajar. Pastinya saya mulai dari yang paling mudah dan mendasar. Ibarat buka toko, saya buka dengan lapak gratis dulu sembari lihat respon pengunjung. Hingga tidak menutup kemungkinan, saya akan beli ruko dan bangunan permanen untuk toko saya. Demikian pula domain berbayar nantinya.

Perlu juga anda ketahui, jelas memang domain berbayar memiliki kelebihan, kelihatan lebih profesional di mata pengunjung dan robot google. Daripada domain gratisan. tapi banyak juga blogger dengan domain gratisan, yang justru menjadi pemegang ranking 1 di Search Engine.
Artinya mulailah dan pelajarilah dari yang paling mudah untuk anda. Jangan memberatkan diri pada hal yang belum anda kuasai.

Ringkasan artikel di atas, dapat saya simpulkan sebagai berikut :
  • Konten orisinil atau copy paste ?
  • Target market tertentu atau yang campur aduk?
  • Persaingan ringan atau berat?
  • Sudahkah nama URL  SEO friendly?
  • Pilih domain yang gratis atau berbayar?
Semoga artikel cara membuat blog dan cara menentukan blog apa yang akan anda buat ini, bisa memenuhi dan menjawab semua pertanyaan anda selama ini. Sekian dan terima kasih.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA
Judul: Cara Menentukan Blog Yang Akan Anda Buat
Ditulis oleh eko setiawan
Rating Blog 5 dari 5
Semoga Artikel - artikel yang sudah kami tulis bisa bermanfaat untuk Anda. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini. Ja'ngan Lupa untuk menyertakan link dofollow ke http://bisnismodalkecileko.blogspot.com/2014/01/cara-menentukan-blog-yang-akan-dibuat.html. Terima kasih sudah berkenan membaca artikel dari kami.

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright of Usaha Rumahan Dan Usaha Sampingan Yang Menjanjikan.
Tolong Klik Tombol Vote ini, Ya ...