Tips Wanita, Islam Dan Bisnis Rumahan

Posted by eko setiawan Rabu, 22 Januari 2014 1 komentar

bisnis rumahan dan wanita


Saat ini, wanita sudah mulai melirik usaha rumahan sebagai pilihan utama mereka untuk menjadi sumber penghasilan yang cukup menggiurkan. Terlebih bisa membantu perekonomian keluarga, membantu suami sembari mengasuh keluarga. Atau bahkan cukup menghidupi bagi single parent, khususnya. 

Namun, bisnis rumahan yang seperti apa sih, sebenarnya yang paling tepat bagi kaum wanita? Adakah kaitannya dengan menjaga nilai kebaikan manusia? Dan bagaimana Islam juga menjaga kaum wanita? Apa pula halnya bila dihubungkan dengan usaha rumahan?

Dalam naskah artikel bertemakan bisnis rumahan berikut ini, sebenarnya masih lebih kepada psikologis kaum wanita dan kaitannya dengan bisnis rumahan. Untuk tekhnis dan penjelasan rinci tentang macam-macam jenis bisnis rumahan, akan kami bahas pada artikel lainnya nanti.

Sebab, alangkah suatu kebaikan yang besar, ketika mencari nafkah untuk penghidupan, tanpa harus mengabaikan nilai-nilai kehidupan hakiki manusia secara umum dan kaum wanita secara khusus. Apalagi memang usaha rumahan sudah dianggap cukup efektif untuk memenuhi semua nilai - nilai kebaikan yang kita harapkan bersama.

Wanita menurut Pandangan Islam

wanita dan bisnis rumahan
Dalam keyakinan Islam, sesuai tuntunan yang kita dapatkan dari Kitab Al-qur'an, Hadits Nabi dan penjelasan para Ulama kaum muslimin. Sudah sampai kepada kami, bahwa wanita diciptakan oleh Allah azza wa jalla untuk mendampingi kaum pria. Dan wanita juga diciptakan dalam keadaan memiliki beberapa kelemahan bila dibandingkan dengan kaum pria. Yaitu : Lemah Akal dan Lemah Agamanya.

Itu sebabnya Allah ciptakan pula wanita memiliki kebiasaan biologis yang sudah kita maklumi, berupa masa libur ibadah dalam setiap bulannya atau masa libur dalam setiap mereka melahirkan keturunan, dan dibutuhkannya dalam sebuah persaksian, wanita harus lebih dari satu orang, berbeda halnya dengan pria yang cukup satu orang. Oleh karena itu pula, wanita wajib dan terus harus dibimbing oleh kaum pria agar baik diri dan kehidupannya. 

Atas segala kekurangan mereka sebagai kaum wanita, Islam melindungi dan mengayomi mereka dengan beberapa aturan serta bimbingan, sebagai bentuk kasih sayang Islam pada kaum wanita. Walaupun, pada kenyataannya sekarang aturan dan bimbingan itu dianggap kaku, ortodok, kuno, tidak mengikuti modernisasi, emansipasi wanita, dan bla.. bla... 
Atau semisal anggapan miring bahwa dizaman sekarang ini, wanita sudah tidak lagi berada pada 3 (tiga) keadaan yang membosankan, yaitu kasur, dapur dan sumur. 

Akhirnya efek fatal dari semua anggapan miring dan opini modernisasi yang terhembus dari pihak-pihak yang memang ingin menggoyang wanita dan kodratnya. Wanita sekarang, sudah mulai keluar rumah bukan hanya untuk mencari nafkah semata karena kebutuhan, tapi sudah kepada perkembangan karier, dan mengimbangi atau bahkan ingin mengalahkan fungsional kaum pasangannya, yaitu pria  dalam hal dunia kerja dan hampir semua peran kaum pria. Dengan moto hidup, kalau pria bisa, kami sebagai wanita juga pasti bisa. 

Padahal, semua aturan dan bimbingan itu dibuat demi kebaikan para wanita itu sendiri. Sering kita lupa bahwa tujuan hidup kita bukanlah semata untuk di dunia ini saja, tetapi untuk bekal hidup setelah hidup. Maka seyogyanya, apapun perbuatan dan pekerjaan kita bisa ditujukan untuk semata-mata beribadah kepada Allah. Lalu bagaimana kaitannya dengan bisnis rumahan tadi? Apa kelebihan bisnis rumahan dibanding kerja diluar rumah menurut Islam? Simak penjelasan berikut.

Wanita dan Bisnis Rumahan serta kebaikannya menurut Islam

Ketika seorang wanita apakah dia seorang ibu rumah tangga yang masih memiliki suami, atau mungkin sudah single parent, atau justru masih gadis perawan dan belum berumah tangga. Maka adalah suatu kehormatan dan kemuliaan dia sebagai makhluk yang dijaga oleh Islam, untuk bisa menjaga kemurniannya di dalam rumah - rumah mereka. Dan hanya dibatasi keluar rumah sebatas kebutuhan darurat dan keperluan mendesak saja serta ditemani dan dilindungi oleh pria yang memang halal baginya. (Mahram)

Sebab ketika seorang wanita keluar dari rumah, maka cobaan dan gangguan akan segera menghampirinya, apakah itu dari pria yang jahat atau justru pria yang di sandung syahwat. Terlebih dizaman edan sekarang ini, zaman yang sudah mulai kembali pada masa kebodohan dan jahiliyah dulu, hanya dikemas dengan modernisasi. Zaman dimana, manusia sudah cukup jauh dari tuntunan agama dan jauh dari pembelajaran nilai-nilai agama. Semoga Allah melindungi kita.

Oleh sebab itu, ketika muncul ide usaha rumahan dengan berbagai macam bentuk dan cara, akhirnya menjadi solusi tepat setidaknya untuk saat ini. Sehingga wanita bisa berada tetap dirumahnya, bisa menghasilkan uang dari rumah, bisa tetap mendidik dan bersama anak serta keluarganya. Dan insyaalloh jauh dari gangguan  pihak luar yang siap menerkam kaum wanita.

Survey membuktikan, setidaknya dalam prosentase yang lebih besar, walau tidak semuanya baik keseluruhan. Manakah negara yang mengalami tingkat kriminalitas perkosaan, pelecehan dan kejahatan terhadap kaum wanita yang lebih besar, didunia ini? Amerika, Eropa atau Negeri Arab dan ke timuran? Negara dimana wanita dibebaskan begitu saja keluar rumah dengan pakaian dan perlindungan sekedarnya saja ? Dibandingkan dengan wanita yang ditutup hampir keseluruhan ketika keluar rumah, bahkan jarang keluar rumah?

Selamat menjalankan usaha rumahan. Wassalam








TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA
Judul: Tips Wanita, Islam Dan Bisnis Rumahan
Ditulis oleh eko setiawan
Rating Blog 5 dari 5
Semoga Artikel - artikel yang sudah kami tulis bisa bermanfaat untuk Anda. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini. Ja'ngan Lupa untuk menyertakan link dofollow ke http://bisnismodalkecileko.blogspot.com/2014/01/tips-wanita-islam-dan-bisnis-rumahan.html. Terima kasih sudah berkenan membaca artikel dari kami.

1 komentar:

Sekaichi Sukses mengatakan...

Nice sharing..sangat membuka pikiran dan hati .... :)

Posting Komentar

Copyright of Usaha Rumahan Dan Usaha Sampingan Yang Menjanjikan.
Tolong Klik Tombol Vote ini, Ya ...