Jualan di Pasar Vs Bisnis Online

Posted by eko setiawan Kamis, 02 Januari 2014 0 komentar

Bisnis modal kecil melalui bisnis online



Bisnis Online adalah suatu terobosan besar di abad kita yang sekarang ini, dimana kebiasaan untuk jual beli ternyata sudah mulai bergeser kepada cara yang lebih gampang, cepat dan instan. Dulu kalo kita mau belanja kebutuhan maka kita harus bercapek ria untuk pergi ke Pasar tradisional atau justru ke Mall sambil kongkow. Namun sekarang, eranya sudah berubah menjadi hanya dengan duduk di depan laptop atau sambil tiduran di kamar, kita sudah bisa belanja bahkan jualan. Inilah yang sering kita sebut Bisnis online .... yaitu suatu Bisnis modal kecil yang insyaalloh menghasilkan rezeki cukup besar.

Bisnis Modal Kecil berawal dari membuat website untuk bisnis online

Ketika kita sudah memutuskan untuk memulai bisnis online, maka kita pasti membutuhkan sebuah website atau blog sebagai toko online kita. Namun apakah benar adanya bahwa bisnis online adalah bisnis modal kecil ?

Tahukah anda dan pernahkah anda menghitung berapa biaya yang harus kita keluarkan untuk membangun sebuah toko offline seperti halnya kita ingin menjual suatu produk di pasar? maka sekilas tergambar oleh kita akan mahalnya biaya bangunan toko, terlebih modal untuk mengisi barang toko dan biaya operasional yang tidak sedikit bahkan cukup besar, terutama untuk kita yang berkantong tipis.

Adapun bisnis online, setidaknya jauh lebih kecil biaya dan modal yang akan kita keluarkan bila kita bandingkan dengan toko offline diatas, misalnya.
Sebagai gambaran, kita tetap akan mengeluarkan biaya untuk membuat website, untuk promosi dan membeli seperangkat hardware maupun software.
.

Sudah siapkah sistem kita untuk menjalankan bisnis online ?

Sistem adalah sangat penting dalam menjalankan bisnis online, karena ini adalah nadi yang menggerakkan bisnis online anda. Sistem juga mengatur tentang bagaimana konsumen bisa memesan produk anda, tentang bagaimana anda bisa memenuhi keinginan konsumen dan tentang bagaimana anda akan mendapatkan keuntungan dari semua aktifitas bisnis online ini. Jadi, jika anda ingin melayani dalam skala yang besar atau nasional, maka anda harus bisa menemukan jasa kurir handal juga yang terpercaya dan mempelajari sistem pengiriman hingga bisa menawarkan ongkos kirim yang cukup murah.

 Metode apakah yang akan anda gunakan untuk membangun bisnis online?

Sekarang anggap saja anda ingin menjual jam tangan secara online. Maka otomatis anda harus memikirkan mengenai metode apa yang harus anda gunakan untuk "membuat pajangan" produk tersebut di dunia maya, tentunya. Untuk itu, saat ini ada berbagai metode yang bisa anda pilih, yaitu :
  • Buatlah blog atau website dan biarkanlah pengunjung dari search engine seperti Google menemukan produk anda, dengan sendirinya (di optimasi dengan tekhnik SEO tentunya)
  • Buatlah halaman khusus berupa fanpage di facebook dan undanglah banyak orang
  • Promosikan pula blog dan website anda dengan layanan Adsense pada google
  • Bukalah sistem affiliasi atau reseller agar semakin banyak yang ikut mempromosikan produk-produk anda
Setelah anda membuat blog atau website maka sebaiknya anda juga melakukan optimisasi SEO pada blog anda sehingga blog anda bisa ditayangkan pada halaman pencarian Google. 

Taukah anda bahwa SEO benar-benar mampu membantu mempermudah bisnis online anda. Apapun bisnis online yang anda tempuh, SEO akan membawa lebih banyak pembeli kepada anda.  Sebab pengunjung yang datang dari mesin pencari seperti Google,  memang sudah niat untuk membeli dan mencari sesuai apa yang mereka ketikkan. Maka akan lebih mudah bagi blog dan website anda untuk mengubah mereka menjadi pembeli.

Perlu saya sampaikan bahwa ketika anda menggunakan blog atau website untuk melakukan bisnis online, anda harus mengenal yang namanya penelitian kata kunci atau keyword. Dan saya sangat menganjurkan agar anda  membaca artikel tentang Bagaimana Cara Melakukan Penelitian Kata Kunci untuk bisnis online?

Penelitian kata kunci ini sangat penting dikarenakan setiap kata kunci atau keyword memiliki jumlah pencarian yang berbeda-beda. Dalam hal bisnis online, sudah barang tentu anda ingin menggunakan kata kunci yang paling banyak dicari oleh para pengunjung Google. Google juga menyediakan alat seperti google keyword external tool agar kita bisa mengetahui jumlah orang yang mencari suatu kata kunci, berikut dengan analisa pengunjung dan persaingannya.

Setelah anda mendapatkan ide dan kata kunci tersebut, maka anda bisa membuatnya menjadi sebuah artikel yang bermanfaat pagi pengunjung dan sebaiknya dikemas dengan bahasa yang menarik.

Diupayakan semaksimal mungkin artikel penawaran produk anda harus dibuat dengan keteraturan dan seksama. Pergunakanlah kata-kata yang bisa membangkitkan gairah pembacanya untuk segera membeli produk-produk anda. Selain itu, pastikan pula anda menggunakan gambar yang menarik dan unik serta warna yang bagus dan cemerlang. Sebab, suatu produk, akan sangat kecil nilai jualnya ketika dipajang dengan foto yang kusam dan buram

Pergunakan pula social network seperti facebook atau twitter, dan pastikan anda memposting produk anda tersebut berulang-ulang kali dalam sehari, sebab  beranda dari kedua contoh social network ini sangatlah dinamis, cukup hanya dalam beberapa menit saja, iklan dari produk anda sudah akan hilang dari beranda orang-orang yang menjadi potensi pasar anda tadi.

Kesimpulannya apabila anda memulai bisnis modal kecil melalui bisnis online sebagai sarana anda untuk menghasilkan duit, maka ketiga hal di atas harus benar-benar dipersiapkan dengan baik dan matang. Mulailah secara bertahap saja, sebab diharapkan ibarat  bola salju, nanti akan terjadi penjualan yg terus menggumpal dan besar apabila anda sudah melakukannya dengan benar. Sebab semakin besar traffic pengunjung blog anda, maka semakin besar pulalah  potensi keuntungan yang bisa capai. sekian. wassalam
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA
Judul: Jualan di Pasar Vs Bisnis Online
Ditulis oleh eko setiawan
Rating Blog 5 dari 5
Semoga Artikel - artikel yang sudah kami tulis bisa bermanfaat untuk Anda. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini. Ja'ngan Lupa untuk menyertakan link dofollow ke http://bisnismodalkecileko.blogspot.com/2014/01/apa-beda-jualan-di-pasar-versus-jualan.html. Terima kasih sudah berkenan membaca artikel dari kami.

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright of Usaha Rumahan Dan Usaha Sampingan Yang Menjanjikan.
Tolong Klik Tombol Vote ini, Ya ...