Bisnis Online Belum Laku-laku?

Posted by eko setiawan Sabtu, 04 Januari 2014 0 komentar

Bisnis Online agar Pembeli Percaya




Bisnis Online Anda belum juga laku-laku? Benarkah demikian ? Ribuan bahkan mungkin jutaan blogger yang menjajakan dagangannya melalui bisnis online, bisnis modal kecil yang tidak perlu repot beli ruko atau sewa gudang. Apakah mereka menjual produk atau jasa, seperti reseller dan sebagainya.

Maka pembahasan kita kali ini, lebih cenderung kepada Marketing dan pemasaran bukan lagi berkaitan masalah tekhnis komputerisasinya.

kenapa ya belum juga laku, bisnis Online saya ?

Ada beberapa hal yang mungkin bisa kembali menjadi cross chek tentang bisnis online anda, yaitu sbb :

#1. Bagaimana tentang Pangsa Pasar Produk tersebut ?
Ibarat istilah, cobalah main-main dan silaturahmi ke rumah tetangga, dalam hal ini coba lihat dan bandingkan apakah blog atau website sejenis, yang juga menjajakan produk atau jasa sejenis dengan anda, juga ramai ? atau justru juga sunyi seperti anda ? apabila mereka ramai, berarti ada tekhnik-tekhnik yg harus anda cari tau untuk bisa ramai seperti mereka. Namun apabila sunyi, bersiaplah ganti produk atau jasa yang pangsa pasar atau target marketnya cukup besar

#2. Periksa kembali apakah blog anda sudah menguasai kata-kata kunci seputar produk tersebut?
Apabila ternyata produk yang anda jual itu cukup laku dipasar, namun pengunjung atau bahkan pembeli anda belum ada, kemungkinan besar anda harus memperbaiki SEO onpage dan offpage pada blog anda. 

Untuk membantu anda memahami pentingnya melakukan SEO, pada kesempatan dan artikel yang lain nanti akan saya tuliskan di sini.

#3. Sudahkah produk yang anda jual terlihat menarik? 
Ironis memang, ketika sudah kita dapatkan pengunjung dan trafil yang baik dari hasil tekhnik SEO, namun ternyata belum juga ada yang mau membeli produk kita. Berhubung, terkadang kita lupa ternyata produk yang kita jual tidak terlihat menarik, foto produk berkualitas rendah, asal-asalan, acak-acakan.

Maka tutupilah kekurangan itu dengan penampilan yang terbaik dari produk anda

#4. Tunggu sebentar, jangan-jangan harga produk mahal? 
Disebabkan mungkin, karena beberapa hal sulitnya mendapatkan pembeli, maka terkadang kita mematokkan harga produk cukup melambung tinggi, karena memakai prinsip yang keliru yaitu rezeki harimau, sekali makan langsung kenyang untuk beberapa hari.

Padahal yang ideal, pelanggan akan membeli suatu produk ketika dia sudah datang, tertarik dan sesuai dengan kocek dalam kantong. Maka terjadilah jual beli.
Arti kata, kita juga harus berhati-hati dan rajinlah untuk terus survey harga dari kompetitor sejenis dengan produk atau jasa yang kita tawarkan pada pengunjung, yaitu calon pembeli kita

#5. Sudahkah Anda mempermudah pembeli? 
Untuk yang satu ini bisa jadi lebih mengerikan, yaitu ketika pelanggan sudah Oke dan deal untuk membeli produk kita, dalam keadaan dia tertarik dan ada duit untuk membeli, namun dia harus disulitkan dengan keterbatasan kita sebagai penjual yang tidak memiliki akun pembayaran melalui jasa bank atau hanya terbatas oleh satu atau 2 akun saja. Yang notabene, pelanggan memiliki akun bank yang bermacam-macam.

Maka permudahlah pelanggan dengan memiliki akun pembayaran dibank, setidaknya untuk Jasa bank yang cukup besar dan familiar bagi pelanggan.

Disamping itu, sistem navigasi pada halaman website anda dipastikan harus yang ramah pengunjung. Artinya pengunjung harus bisa dengan mudah mengerti tentang bagaimana harus mengakses semua produk yang anda jual untuk memilih-milih barang. Hal ini bisa anda lakukan dengan menyediakan kotak pencarian untuk memudahkan konsumen anda menemukan barang yang dicarinya.... sip.

Terakhir, apabila barang yang dicari out of stock atau kehabisan,...apakah anda bisa menawarkan pilihan yang lain berupa pilihan barang sejenis atau menawarkan mereka masuk dalam daftar tunggu yang akan dihubungi dalam waktu yang tidak lama yaitu sekitar 1-2 hari jika stok sudah masuk ke toko online anda? Jangan sampai terlewatkan, kemungkinan-kemungkinan tersebut harus anda ketahui dan selesaikan. Suatu hal yang memalukan jika kita membiarkan  konsumen potensial meninggalkan dagangan kita tanpa ada upaya lebih dari anda.... Oh, God

#6.  Anda Harus bisa mendapatkan kepercayaan konsumen
Finally, ada hal penting yang juga harus bisa anda buktikan dan tunjukkan pada pembeli, bahwa dalam bisnis online ini, adalah nyata dan terbukti melalui testimoni, bahwa banyak pelanggan anda yang sudah merasa puas akan produk dan pelayanan anda. Dengan demikian, maka kepercayaan konsumen juga semakin tinggi.

Membangun website yang profesional dan memiliki reputasi yang baik, adalah satu-satunya cara memenangkan rasa percaya dari para konsumen anda.....yang akan berakhir dengan penjualan dan keuntungan bagi anda tentunya, masalahnya itu butuh waktu. Jadi anda harus bersabar, belajar, praktek, praktek, praktek dan ingat untuk selalu disiplin dalam membangun bisnis di dunia maya, walau bermula dengan sebutan bisnis modal kecil..... wassalam
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA
Judul: Bisnis Online Belum Laku-laku?
Ditulis oleh eko setiawan
Rating Blog 5 dari 5
Semoga Artikel - artikel yang sudah kami tulis bisa bermanfaat untuk Anda. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini. Ja'ngan Lupa untuk menyertakan link dofollow ke http://bisnismodalkecileko.blogspot.com/2014/01/Bisnis-online-belum-laku.html. Terima kasih sudah berkenan membaca artikel dari kami.

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright of Usaha Rumahan Dan Usaha Sampingan Yang Menjanjikan.
Tolong Klik Tombol Vote ini, Ya ...